Rute Perjalanan

KA_Majapahit

 

Hujan sudah reda namun masih menyisakan jejak-jejaknya di stasiun kereta. Beberapa orang nampak berdiri di pelataran menanti kepastian kapan ‘ular besi’ itu diberangkatkan. Tidak ada kepastian yang disampaikan oleh pihak pengelola. Antara bingung dan jenuh karena liburan yang direncanakan pada hari sabtu pagi tertunda oleh perjalanan tanpa kejelasan. Saat itu, sudah lebih 3 jam dari yang seharusnya, dan stasiun itu bukanlah yang biasanya dilewati.

Biasanya Majapahit akan melaju dari Semarang menuju Solo. Namun, saat itu jalur mendadak beralih ke arah cepu atau jalur utara hingga ke Lamongan dan Surabaya Pasar Turi. Hingga jam 7 pagi, perjalanan panjang itu hanya beranjak 1 stasiun mendekati Kabupaten Purwodadi. Setelah mencoba mencari tahu, ternyata yang menyebabkan segala kekacauan itu adalah adanya lintasan kereta yang ambles dikarenakan hujan deras semalam sehingga jalur Semarang Solo lumpuh sementara waktu.

Setengah jam kemudian, keputusan berubah. Tidak sabar menunggu jalannya kereta, beralihlah ke moda transportasi bus dari Purwodadi ke Solo, kemudian dilanjut ke Kediri dengan biaya sendiri. Sebagian orang ada yang masih tetap bertahan di kereta karena kepalang basah sudah membayar cukup mahal untuk perjalanan itu.

Satu jam setengah berlalu, aku mencoba menanyakan kabar kepada teman yang masih bertahan di sana. Kereta tak kunjung berjalan. Akhirnya banyak yang melayangkan protes kepada petugas baik yang di atas kereta maupun di stasiun. Sempat terjadi perdebatan alot antara penumpang yang tidak mau dirugikan dan pihak KAI selaku penyelenggara transportasi. Demi sebuah komitmen pelayanan, pihak KAI memberikan sebuah alternatif yang akhirnya diterima para penumpang. Penumpang dengan tujuan selain Malang diminta untuk segera turun dari kereta dan akan disewakan bus untuk mengantar ke tujuan sesuai jalur kereta yang semestinya dan bagi penumpang tujuan Malang dapat tetap tinggal di kereta karena perjalanan akan dilanjutkan via jalur utara hingga Surabaya kemudian ke Malang.

Terkadang memang yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang direncanakan. Namun, aku selalu berpegang bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya dan aku selalu mencoba mengambil pelajaran.

Aku melihat kereta yang berada bukan pada jalur yang seharusnya, ia tidak bisa berjalan lancar lancar sesuai jadwal dan harus mengalah pada kereta pemilik jalur. Dari situ aku berpikir bahwa dalam hidup juga sudah ada “jalur” yang sudah ditetapkan oleh Sang Pencipta untuk manusia, jika manusia itu mengambil jalur yang bukan semestinya, tentu hidupnya tidak akan berjalan lancar.

Yang kedua adalah tentang tujuan. Aku yakin semua orang di kereta itu punya tujuan masing-masing dan ada banyak cara untuk menggapai tujuan itu. Jika kita hanya bergantung pada 1 cara untuk menggapai tujuan itu, maka kita akan sangat kesulitan ketika cara yang kita pilih tersebut ternyata mengalami gangguan sehingga tidak bisa dijalankan. Namun dengan semangat dan tetap yakin penuh tekad dengan tujuan itu, akan selalu ada cara untuk sampai pada tujuan itu. Aku yang ingin menuju Kediri, punya beberapa alternatif diantaranya dengan transportasi umum atau bersama-sama dengan yang satu tujuan menyewa kendaraan untuk mengantarkan.
Yang ketiga adalah aku mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru, menikmati hijaunya hutan sepanjang perjalanan dan merasakan keahlian sopir bus trayek Purwodadi – Solo. Aku benar-benar kagum ketika sang sopir bersimpangan dengan bus lain dari arah berlawanan, di sebuah tanjakan yang berbelok tanpa mengurangi kecepatan sedikitpun. Aku hanya terpana ketika dari pinggir bangku melihat badan bus yang lewat di sebelah hanya berjarak beberapa sentimeter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s